RSS

Tips Agar Nasi Tidak Bau

06 Sep

Sering kali kita mengalami nasi yang kita masak belum ada 1 hari sudah berbau bahkan terkadang lembek atau Umes kalau dalam bahasa jawanya. Sering kita berpikir apa sih penyebabnya? kenapa bisa terjadi seperti itu padahal kita sudah mencuci berasnya sesuai dengan standart ataupun mengimplementasikan ilmu masak yang kita dapatkan dari pendahulu – pendahulu kita.

Sedangkan kita mungkin masih inget, jaman dulu kita kecil, jaman kita susah makan…yang namanya nasi itu sangat berharga bahkan ada orang tua dulu yang menganggap kalo kita tidak menghabiskan nasi yang sudah kita ambil, ibaratnya kita menyia – nyiakan hasil jerih payah yang sangat susah demi mendapatkan seperiuk nasi.

Berikut kami berikan beberapa tips ataupun saran semoga nasi yang kita masak tidak bau sehingga tidak kita buang (Sebulir nasi sama dengan sebulir keringat kerja keras kita).

  1. Coba cek kebersihan magic jar nya. bau bisa bersumber dari sana. Juga kualitas akan besar menentukan bau apa tidaknya nasi yang di masak.
  2. Masukin daun pandan atau dicampur sama air perasan jeruk nipis untuk memunculkan kesan harum (walopun bukan harus khas nasi putih).
  3. cuci bersih penampungan uap atau penampung air di magic jar, penampung uap nasi biasa ada di samping atau di atas tutup magic jar.
  4. Tutup magic jar dibungkus dengan serbet bersih, lalu setiap kali nasi sudah matang, buka tutupnya sebentar untuk diangin-angin sambil nasinya diaduk-aduk sebentar, baru ditutup lagi setelah uap panasnya menghilang. Kesimpulan kita, nasi cepat bau karena uap air yang naik ke tutup magic jar dan jatuh lagi ke nasi. Sedangkan kalau pakai serbet, uap air akan terserap ke serbet (semoga teori ini benar yaa, mungkin ada yg punya pembenaran???).
  5. Kalau magic jarnya masih dicolokin ke stop kontak, tidak apa2 kalau ditinggal dalam keadaan tertutup. Tapi kalau sudah tidak dicolokin lagi, lebih baik dibuka agar nasinya ga ‘keringetan’ dan bau.
  6. Agar tidak kering dan kuning keesokan harinya adalah setelah selesai makan magic jar dimatikan cabut stop kontaknya agar fungsi keep warmnya mati, lalu besok pagi sebelum makan kira2 15menit dicolokin lagi. Berlaku juga kala masak nasi di pagi hari agar awet sampe sore yaaa setelah makan pagi dimatikan, siangnya sebelum makan dinyalakan sampe hangat. selesai makan dimatikan lagi dan begitu seterusnya.
  7. Nasi yang semalaman di dalam magic jar dgn keadaan “keep warm” justru lebih gampang basi atau bau. Biasanya cukup dilepaskan saja stop kontaknya, atau nasinya dipindahkan ke wadah lalu masukkan dalam kulkas. Besoknya dipanasin lagi di magic jar sblm dimakan dengan kondisi “keep warm”.
  8. Matikan alat pada malam hari, buka sebentar hingga nasi tidak beruap lagi, baru tutup (mis: matikan > buka tutupnya > gosok gigi cuci kaki > tutup lagi > bobo). jika tidak berhasil juga, berarti memang magic jar sudah saatnya diganti, ini mungkin disebabkan karena elemen pemanas yang tidak mau mati, atau sesuatu di dalam mengalami deformasi jadi sudah tidak seperti awal lagi bentuknya. perhatikan kebersihan rice cooker yg dipakai, dan jenis beras yg dipakai. Karena hasil interogasi sama tukang beras langganan, ada bbrp jenis beras, yg terlalu cepat dipanen, akan cepat jadi kuning, bau apek dan berlendir.
  9. setelah masak/matang, magic jar dicabut supaya nasinya pulen dan airnya turun. Kalau sudah turun (kira2 didiamkan selama 30menit) baru diaduk supaya pulen. Nasi lebih enak dimakan setelah didiamkan tersebut. Kalau mau makan, baru dipanaskan lagi. Selesai makan, dicabut lagi. Jangan lupa uap yang ada di tutup magicjar dibersihkan supaya tidak turun ke nasi. Begitu seterusnya sampai nasinya habis. Intinya jangan dipanaskan terus menerus, alhasil nasinya bisa bau. Selayaknya nasi maksimal tidak kurang dari 8 jam (untuk sehatnya)
  10. Bagimana kalau balik lagi saja ke model tanak ala dandang? Dua tahap: nasi ditanak dulu sampai setengah matang, lalu dipindahkan ke panci bolong-bolong untuk dikukus. Betulin klo salah istilah. Maklum bukan orang dapur. Masak nasi model gini tahan lebih lama. Masak pagi bisa tahan sampai besok sore tanpa bau dan menjadi kuning ala magic jar. Back to nature, dulu sebelum ada rice cooker & magic jar masak nasi selalu cara traditional di-aron trus di-kukus atau diliwet.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba (semoga tidak menyesatkan yaaa……)

Source of

 
24 Comments

Posted by on September 6, 2012 in Informasi Kesehatan

 

Tags: , , , , , ,

24 responses to “Tips Agar Nasi Tidak Bau

  1. Anonymous

    January 17, 2013 at 8:04 am

    trims infonya…

     
  2. Anonymous

    April 2, 2013 at 8:26 am

    nuhun informasina kang,,,,,,

     
  3. nenem

    July 22, 2013 at 4:49 am

    suwon infone yo kang
    ….

     
  4. omen

    August 1, 2013 at 7:18 pm

    ‎​:D,/
    <<3 Şεέεέεþþ”lāāāЂђђ !!!
    _/\_ ilmu yang bermanfaat bgt buat gw,anak kost, n ibu2 RT ‎​"̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐƗƗɐƗƗɐƗƗɐ"̮‎​​

     
  5. jena

    March 12, 2014 at 4:05 pm

    Tapi knapa suka berbau besi.. Merawat magik jarny gimana?

     
  6. cinta ila

    June 24, 2014 at 6:33 pm

    Habis beli reskuker baru, d buat menanak nasi sudah matang d buka kok langsung berberbau, bikin muntah kenapa ya?

     
    • Pepso Ben

      June 30, 2014 at 2:45 am

      Cuci berasnya kurang bersih mungkin..

       
  7. diah

    June 25, 2014 at 9:52 am

    good

     
  8. dwi winarsih

    September 4, 2014 at 1:22 am

    Mau nanya saya baru beli megic com merk polytron bar ϑі pake dua hari tapi klu masak nasi pagi sore/malem ñỳà dah bau trs itu giman ngatasin ñỳà biar G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ bau

     
    • Pepso Ben

      September 22, 2014 at 11:54 pm

      Saya juga punya merk polytron.. Cpet bau nasinya

      Trus saya ganti, “Yong Ma” agak mahal juga sih.. Tapi nasi jadi lebih awet

       
  9. Andri

    October 15, 2014 at 7:51 pm

    trimakasih atas infonya semoga jadi manfaat orang banyak…,amien…

     
  10. mas

    November 9, 2014 at 7:59 pm

    wah ini .. . . pas banget, nasi di dapur sering bau . .. .
    boleh dcoba tipsnya gan .. . .makasi

     
  11. gandaarisma@yahoo.com

    January 22, 2015 at 6:30 am

    thanks

     
  12. Anonymous

    February 19, 2015 at 11:43 pm

    gan…..kenapa magiccom saya nasii nya bau terus.????
    .udah 4 hari
    .padahal udah do cucibersih semua

    kasih tipsnya dong

     
  13. mada young

    July 28, 2015 at 3:09 pm

    Beli merk miyako gk mahal kok. di kotaku 210 rb. Masalah saya sama hehehe sdh 2 kali ganti merk eeee….nemu miyako yg ok terbukti beneran di bulan puasa kmarin bantu banget nasinya msih seger sampe saur.

     
  14. Anonymous

    February 28, 2016 at 8:20 pm

    thanks

     
  15. ayu24

    November 21, 2016 at 2:43 pm

    Sip..bermanfaat tips ny..d rmah.jg udh 3hari nasi ny bau&kuning…

     

Saya Harap Anda Berkomentar...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: